KeahlianGanda | Panduan Pendaftaran Keahlianganda Guru

Program Keahlian Ganda ini dirancang oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sebelumnya dikenal dengan Program Alih Fungsi Guru. Program ini dibuat untuk penataan dan pemenuhan produktif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja.

Pendaftaran Program Keahlian Ganda ini dibuka dengan sistem dalam jaringan (daring) atau online. Pendaftarannya dilakukan secara terbuka untuk semua guru SMA maupun SMK yang termasuk guru adaptif. Untuk Panduan Pendaftaran nya berikut dibawah ini :

Panduan Pendaftaran Keahlianganda

Setelah mengikuti kegiatan Pembekalan dan menandatangani Pakta Integritas, maka Anda akan mendapatkan lembaran informasi pendaftaran akun yang di-generate dari SIMDIKLAT seperti gambar di bawah. Gunakan informasi akun diatas untuk mendaftarkan akun Anda di Keahlianganda.id dengan langkah demi langkah sebagai berikut:


1. Gunakan peramban web Mozilla Firefox atau Google Chrome atau semacamnya, lalu kunjungi alamat  situs web: http://keahlianganda.id


2. Dalam halaman depan Keahlianganda.id klik tombol Daftar Sekarang untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta.


3. Dalam formulir Daftar Sekarang isikan data-data berikut: Nama Lengkap, Email, Nama Pengguna, Password, Peran dan Kode Akses, kemudian centang pilihan “Saya setuju dengan ketentuan yang berlaku” dan klik tombol Daftar sebagai Peserta Baru.

4. Lengkapi data diri dalam form yang tersedia lalu klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan proses.


5. Unggah gambar profil dengan foto diri Anda (format file berupa JPEG, GIF dan PNG dengan ukuran tidak lebih dari 1 MB). Klik tombol Selesai untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

6. Untuk mulai belajar, klik Menu Belajar yang ada pada menu utama.

7. Dalam halaman Daftar Paket Keahlian, klik tombol Daftar pada Paket Keahlian yang ada untuk mulai belajar. Unduh bacaan-bacaan yang ada pada setiap Bab dan ukur pengetahuan Anda pada latihan soal yang disediakan.


Sumarna Surapranata  selaku Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, mengatakan bahwa Program Keahlian Ganda untuk mendapatkan sertifikat keahlian sebagai guru produktif berlangsung selama 12 bulan melalui empat tahap yaitu dengan tahap ON dan IN. Peserta belajar mandiri di sekolah asalnya, dan diberikan modul dan pendampingan itu untuk tahap ON, dan ada di industri dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) untuk tahap IN.

Di akhir pelatihan, jika lulus ujian, guru yang menjadi peserta Program Keahlian Ganda bisa mendapatkan sertifikat ganda, yaitu sertifikat keahlian  oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan sertifikat pendidik yang dikeluarkan melaluipola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Referensi : keahlianganda.id

Inch

Inch, a unit of length commonly used in the US, UK, and Canada, is defined as 1/12th of a foot or 2.54 centimeters. The term "inch" is believed to have originated from the Latin word "uncia" meaning "one-twelfth," as it was historically defined as the width of an adult thumb. Today, the inch is widely used in various fields, including construction, engineering, and manufacturing.

Inches are often used to measure small distances, while their conversion to the metric system (cm) makes them more universally applicable. At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our user-friendly tools and guides make it easy for everyone to use the inch unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the inch is a widely used unit of length that has evolved over time and continues to play an important role in modern society. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and use this important unit to your advantage.

Centimeter

A centimeter is a metric unit of length that is equal to one-hundredth of a meter or 0.3937 inches. It is commonly used in the fields of science, engineering, and medicine, as well as in everyday life.

The term "centimeter" is derived from the Latin word "centum," meaning "one hundred," and "meter," which refers to the base unit of length in the metric system. The centimeter is used in many countries around the world as the standard unit of length.

At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our tools and guides make it easy for everyone to use the centimeter unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the centimeter is a widely used metric unit of length that plays a crucial role in various fields. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and make the most of this important unit.